Thursday, March 16, 2017

Nubuat Kedatangan Yesus

Alkitab berisi dua bagian, yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Isi terpenting dari Perjanjian Lama adalah Nubuat-Nubuat tentang kedatangan Mesias, yaitu orang yang dikuduskan Allah untuk menyelamatkan manusia. Sedangkan Perjanjian Baru berisi penggenapan Nubuat-Nubuat tersebut dalam diri Yesus Kristus.

Apa saja Nubuat-Nubuat Perjanjian Lama tentang Mesias dan bagaimana penggenapannya dalam diri Yesus Kristus?

Para ahli Alkitab menjelaskan kepada kita bahwa ada sekitar 300 referensi dengan 61 nubuatan khusus Mesias dipenuhi oleh Yesus Kristus. Namun kita hanya akan mengutip beberapa, sebagai bukti bahwa Yesus memanglah Mesias yang dinubuatkan dalam Alkitab Perjanjian Lama.

Yesus Kristus 3


Nubuat: Mesias akan berasal dari garis keturunan Raja Daud : 

Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri. (Yeremia 23 : 5)
Pemenuhan Nubuat : Yesus adalah keturunan Daud menurut silsilah Yusuf,  yang dianggap sebagai bapak-Nya (karena Yesus tidak punya Bapak biologis, melainkan dikandung Maria dari Roh Kudus) :

Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli, ...anak Melea, anak Mina, anak Matata, anak Natan, anak Daud,(Lukas 3:23, 31b)
Nubuat : Tangan dan kaki Mesias akan ditusuk.
Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku. (Mazmur 22 : 16)
Pemenuhan Nubuat :  Yesus disalibkan dengan dipaku pada tangan dan kaki-Nya sabil ditonton orang banyak

“Ketika mereka sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Yesus di situ dan juga kedua orang penjahat itu, yang seorang di sebelah kanan-Nya dan yang lain di sebelah kiri-Nya. (Lukas 23:33)
Nubuat : Orang akan membagi pakain dan membuang undi  atas jubah Mesias.

Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.(Mazmur 22:18)
Pemenuhan Nubuat : Prajurit-Prajurit membagi pakaian Yesus dan membuang undi pada jubah-Nya

Sesudah prajurit-prajurit itu menyalibkan Yesus, mereka mengambil pakaian-Nya lalu membaginya menjadi empat bagian untuk tiap-tiap prajurit satu bagian--dan jubah-Nya juga mereka ambil. Jubah itu tidak berjahit, dari atas ke bawah hanya satu tenunan saja. Karena itu mereka berkata seorang kepada yang lain: "Janganlah kita membaginya menjadi beberapa potong, tetapi baiklah kita membuang undi untuk menentukan siapa yang mendapatnya." Demikianlah hendaknya supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci: "Mereka membagi-bagi pakaian-Ku di antara mereka dan mereka membuang undi atas jubah-Ku." Hal itu telah dilakukan prajurit-prajurit itu. (Yohanes 19:23 - 24)
Nubuat : Mesias akan datang ke Yerusalem menaiki keledai.

Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.(Zakharia 9 : 9)
Pemenuhan Nubuat : Yesus menunggang keledai menuju Yerusalem

Mereka membawa keledai betina itu bersama anaknya, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan Yesus pun naik ke atasnya. (Matius 21 : 7)
Nubuat : Seorang utusan akan dikirim untuk mengumumkan kedatangan Mesias.

Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam. (Maleakhi 3 : 1)
Pemenuhan Nubuat : Yohanes Pembaptis memperkenalkan Yesus sebagai Mesias

Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: "Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu; ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya", demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu." (Markus 1 : 2 - 4)
Nubuat : Mesias akan dilahirkan oleh seorang perempuan muda di Betlehem.

Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. (Mikha 5 : 2)
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Yesaya 7 : 14)
Pemenuhan Nubuat : Yesus dilahirkan oleh perawan Maria di Betlehem.

Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem (Matius 2 : 1)
Nubuat : Yesus akan mengungsi ke Mesir :

Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu. (Hosea 11 : 1)
Pemenuhan Nubuat : Yesus dibawa mengungsi ke Mesir agar tidak dibunuh oleh Herodes :

Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia." Maka Yusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir, dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku." (Matius 2 : 13 - 15)
Nubuat : Yesus akan dihukum mati bersama penjahat untuk menebus dosa manusia :

Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya. Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah. Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya. Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya. (Yesaya 53 : 7 - 10)
Pemenuhan Nubuat : Yesus disalibkan bersama dua orang penyamun

Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiri-Nya. (Matius 27 : 38) 
Masih banyak Nubuat-Nubuat Perjanjian Lama tentang Mesias, dan semua itu telah digenapi dalam diri Yesus. 
Nubuat Kedatangan Yesus
Previous Post
Next Post

About Author

0 comments: