Wednesday, April 5, 2017

Roh Kudus

Roh Kudus adalah Roh Allah, salah satu Pribadi dari Allah Tritunggal : Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus. Ia adalah satu Pribadi tersendiri, tapi Roh Kudus adalah Allah. Untuk mengetahui lebih jauh penjelasan tentang Trinitas silahkan baca bab "Allah Tritunggal".

Roh Kudus dapat hadir sebagai satu Pribadi yang tersendiri dan mandiri. Pada saat Yesus Kristus dibaptis oleh Yohanes, ketiga Pribadi dari Allah hadir bersamaan sebagai Pribadi yang berbeda :
  • 9. Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes. 
  • 10. Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. 
  • 11. Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan." (Markus 1 : 9 - 11)
Yesus Kristus 11

Dalam baptisan Kristen, kita juga harus mengakui, percaya, dan tunduk pada ketiga Pribadi dari Allah Tritunggal : 

  • 19. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, (Matius 28 : 19)

  • 15. Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. 
  • 16. Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.(Kisah Para Rasul 8 : 15 - 16)
Tapi Alkitab juga mencatat bahwa Roh Kudus adalah Allah sendiri. Petrus mengatakan mendustai Roh Kudus berarti mendustai Allah :
  • 3. Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? 
  • 4. Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." (Kisah Para Rasul 5 : 3 - 4)
Janji Yesus Tentang Roh Kudus

Sebelum Yesus naik ke surga, Yesus menjanjikan Roh Kudus sebagai Penghibur dan Penasehat bagi kita yang percaya. Kehadiran Roh Kudus adalah perwujudan janji bahwa Tuhan tak akan meninggalkan umatNya sendirian, Tuhan selalu beserta kita orang-orang yang percaya.

  • 16. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 
  • 17. yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 
  • 18. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.(Yohanes 14 : 16 - 18)

  • tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. (Yohanes 14 : 26)

  • 26. Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. (Yohanes 15 : 26)

Sifat-Sifat Roh Kudus

Untuk tahu lebih dalam Siapa itu Roh Kudus, kita akan pelajari sifat-sifatNya :

  • Roh Kudus Maha Hadir : 7. Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? 8. Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau. (Mazmur 139 : 7 - 8)
  • Roh Kudus Maha Tahu : 10. Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 11. Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.(1 Korintus 2 : 10 - 11)
  • Roh Kudus bisa berduka : Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.(Efesus 4 : 30)
  • Roh Kudus berdoa bagi kita : 26. Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. 27. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. (Roma 8 : 26 - 7)
  • Roh Kudus memberi karunia sesuai kehendakNya : 7. Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. 8. Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. 9. Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. 10. Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. 11. Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya. (1 Korintus 12 : 7 - 11)
  • Roh Kudus mengajar dan mengingatkan : 26. tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. (Yohanes 14 : 26)
  • Roh Kudus memberi perintah : Oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia, dan dari situ mereka berlayar ke Siprus. (Kisah Para Rasul 13 : 4)
  • Roh Kudus menyucikan : 16. yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus. (Roma 15 : 16)
  • Roh Kudus menyatakan nubuat dan perkataan Allah : sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah. (1 Petrus 1 : 21)
Roh Kudus

Previous Post
Next Post

About Author

0 comments: